Pengertian Jerawat Menurut Para Ahlinya


Pengertian Jerawat Menurut Para Ahlinya - Pengertian, Gejala, Penyebab, Jenis, Mitos, Mencegah dan Mengobati.
Jerawat yaitu kondisi kulit yang abnormal dikarenakan gangguan produksi dari kelenjar minyak yang berlebihan. Kelebihan produksi kelenjar minyak ini atau sebaceous gland itu akan menyebabkan penyumbatan pada saluran folikel rambut dan pada bagian pori-pori kulit. Seringkali Jerawat akan menyebabkan timbulnya peradangan pada kulit (kulit membengkak dan menjadi kemerah merahan). Peradangan pada kulit ini disebabkan oleh berlebihnya produksi kelenjar minyak kulit atau sebum yang kemudian menyumbat saluran kelenjar dan membentuk komedo (whiteheads) dan seborhoea.
Kalau penyumbatan yang disebabkan oleh kelenjar minyak kulit ini semakin hari semakin membesar maka komedo akan terbuka (blackheads) dan kemudian sering kali berinteraksi atau terkena bakteri jerawat. Kalau kamu menemukan jerawat dengan nanah biasanya bisa dipastikan jerawat tersebut telah terinfeksi bakteri.
beberapa pengertian mengenai jerawat
Menurut Yudhistira Ghalia Indonesia jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. 
 menurut dr.Maria Dwikarya jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya.

Definisi dan Pengertian Jerawat?
Bagaimana proses terjadinya jerawat?
Gejala berjerawat sebenarnya sangat mudah dikenali oleh diri sendiri biasanya diarea wajah.
1. Akan muncul diarea tersebut berupa bintik-bintik dikulit yang akan terasa sedikit sakit atau gatal jika tersentuh oleh tangan, biasanya akan muncul minyak berlebih didaerah kulit dan ini terjadi jika ada peradanan. Namun jika termasuk jerawat ringan dan tidak sampai meradang maka tidak timbul masalah gatal maupun nyeri.
2. Gejala lainnya yaitu munculnya komedo, komedo baik itu komedo terbuka maupun komedo jenis tertutup tertutup. Blackheads atau komedo hitam berupa bintik yang memiliki warna hitam di daerah hidung sedang komedo putih atau whiteheads adalah jenis komedo yang tertutup dan bertekstur cukup keras.
3. Benjolan besar yang teraba sampai di dalam kulit dan sakit jika disentuh serta keras, inilah yang disebut dengan nodul dan kista.
4. Timbulnya abses yaitu semacam bisul dikulit.
5. Adanya pustula yaitu bintil merah yang besar juga adanya nanah karena peradangan.
6. Munculnya papula yaitu semacam bintil merah kecil seperti biang keringat pada umumnya.

Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Umumnya?
Penyebab jerawat tidak sepenuhnya 100% diketahui walau tekanan mental atau stress bisa memperburuk jerawat, namun itu bukanlah sebab utamanya. Jerawat memiliki banyak subtipe. Jerawat neonatorum dan jerawat infantum biasanya dialami oleh anak laki-laki. Ruam berjerawat muncul pada wajah dan biasanya hilang sendiri dalam dalam beberapa minggu tanpa efek abadi. Namun, jerawat infantum dapat bertahan lebih lama, lebih parah, dan menyebabkan jaringan parut/bekas jerawat atau noda hitam di wajah. Ada berbagai macam penyebab timbulnya jerawat, yaitu:

  1. Perubahan Hormon Selama Kehamilan. Mengkonsumsi Jenis Obat Tertentu. Pil kontrasepsi oral dapat memicu jerawat pada sebagian kaum Hawa. Beberapa kontrasepsi suntik dan perangkat kontrol kelahiran intrauterine (IUD) juga dapat menyebabkan jerawat. Steroid yang dipakai oleh beberapa atlet binaragawan juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat yang parah.
  2. Peningkatan Hormon Remaja. Diusia remaja banyak yang terkena jerawat yaitu dimulai dengan peningkatan produksi hormon. Selama pubertas, anak laki-laki dan perempuan memproduksi androgen yang tinggi, hormon seks pria yang mencakup testosteron. Testosteron merupakan sinyal tubuh untuk membuat lebih banyak sebum, minyak yang diproduksi di kelenjar minyak kulit.
  3. Genetik. Jika orang tua Anda terkena jerawat pada usia muda maka Andapun mungkin akan terkena juga.
  4. Makeup Yang Berminyak. Kelebihan sebum dapat menyumbat area bukaan ke folikel rambut, seperti pada bagian wajah, leher, dada, dan punggung. Bakteri jelas dapat tumbuh pada folikel tersumbat. Inilah penyebab munculnya komedo atau whiteheads. Terkadang, penyumbatan ini menyebabkan dinding folikel tertekan dari penumpukan ini. Ketika hal tersebut terjadi, kebocoran sebum ke jaringan di dekatnya tak bisa dihindari dan menyebabkan pembentukan bintil atau papula, inilah yang disebut sebagai peradangan jerawat.
Bagian Tubuh Yang Disukai Jerawat
  1. Jerawat di dahi : Penyebab dari tumbuhnya jerawat di dahi adalah pikiran yang stress, sering marah-marah, dan ini tentu saja menyebabkan jantung dan sirkulasi peredaran darah tidak lancar. Untuk cara mengatasinya yakni dengan bangun pagi dan jangan begadang, serta perbanyak meminum air putih secara rutin sesuai kebutuhan porsi tubuh.
  2. Jerawat di tengah – tengah alis : Tumbuhnya jerawat di tengah-tengah alis adalah banyak pikiran, banyak masalah di hati, dan jantung berdebar-debar. Cara mengatasinya adalah dengan menghindari olahraga yang terlalu keras, berhenti merokok sekarang juga, berhenti minum minuman keras atau beralkohol, dan hindari makanan pedas.
  3. Jerawat di hidung : Tumbuhnya jerawat di bagian hidung adalah sistem pencernaan yang sedang terganggu dan sering maag. Cara mengatasinya adalah dengan menghindari makanan dan minuman dingin seperti ice cream salah satu contohnya.
  4. Jerawat di tulang hidung : Tumbuhnya jerawat di posisi ini adalah adanya suatu permasalahan di bagian rahim atau sistem reproduksi Anda. Cara mengatasinya adalah yakni jangan berpantang atau berpuasa terlalu larut, dan seringlah jalan-jalan menghirup udara segar di pagi hari.
  5. Jerawat di pipi kanan : Tumbuhnya jerawat yang tiba – tiba muncul di pipi kanan adalah sistem kerja paru-paru yang agak bermasalah. Cara mengatasinya yakni dengan menjaga kesehatan saluran pernafasan kita, hindari memakan mangga, talas, seafood dan makanan yang dapat membuat alergi lainnya.
  6. Jerawat di pipi kiri : Tumbuhnya jerawat di pipi kiri adalah adanya sistem ginjal yang agak bermasalah. Untuk cara mengatasinya sendiri adalah dengan beristirahat yang cukup, jaga mood agar tetap baik, dan jangan biarkan tubuh kepanasan.
  7. Jerawat di sekitar bibir : Tumbuhnya jerawat di sekitar bibir adalah adanya sembelit yang mengakumulasi zat racun dalam tubuh, atau bisa juga pengaruh penggunaan pasta gigi yang mengandung flouride berlebih. Untuk cara mengatasinya sendiri adalah dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur.
  8. Jerawat di dagu : Tumbuhnya jerawat di bagian dagu kita adalah adanya masalah atau gangguan di endokrin. Cara mengatasinya sendiri adalah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin.
  9. Jerawat di sisi mata : Tumbuhnya jerawat di sisi mata adalah makanan yang kita konsumsi terdapat banyakmengandung bahan kimia, sehingga menyebabkan obstruksi kandung empedu. Kita harus mensterilkan kandungan kimia di dalam tubuh kita untuk segera mengatasinya.
Jenis Jenis Jerawat
  1. Jerawat Komedo. Jerawat ini naik ke permukaan kulit dan terlihat hitam atau yang disebut sebagai blackheads.
  2. Jerawat Pustula. Jenis jerawat ini akan terlihat merah di bagian bawah dan memiliki nanah pada bagian atas.
  3. Jerawat Papula. Jerawat tipe ini berbentuk benjolan merah muda kecil yang lembut.
  4. Jerawat Kista. Terdapat dibagian dalam, juga rasanya menyakitkan, jerawat bernanah juga dapat menimbulkan bekas jerawat atau flek hitam di hidung atau wajah.
  5. Jerawat Whiteheads. Ini adalah jerawat yang tinggal di bawah permukaan kulit.
  6. Jerawat Nodul. Termasuk memiliki ukuran besar, terasa menyakitkan dan merupakan jerawat padat yang mendalam di kulit.

Mitos Mengenai Jerawat
  1. Penyembuhan jerawat tidak perlu bantuan dan perawatan medis. Tentu ini keyakinan yang salah. Perawatan medis biasanya bekerja dengan baik jika digunakan dengan benar.
  2. Tidak ada bukti bahwa berjemur dibawah matahari pagi akan membantu untuk membersihkan jerawat.
  3. Jerawat tidak bisa disembuhkan dengan minum banyak air.
  4. Tekann mental atau stres dan depresi tidak menyebabkan jerawat.
  5. Cuci muka berlebihan dapat membuat jerawat bertambaph parah karena jerawat tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk.

Hal-hal Cara Merawat Kulit Yang Memiliki Jerawat
  1. Cobalah untuk melakukan keramas setiap hari apalagi jika rambut Anda berminyak, jangan lupa keramasi rambut Anda secara teratur.
  2. Pilih makeup non-comedogenic atau bebas minyak untuk jenis kulit berjerawat. Ini memastikan makeup tersebut tidak akan menyumbat pori-pori Anda.
  3. Hindari terpapar sinar matahari disiang hari karena disamping bisa menjadi pemicu resiko kanker kulit juga bisa menimbulkan penuaan dini serta terbakarnya kulit karena penggunaan obat-obatan jerawat.
  4. Cukur kumis Anda menggunakan pisau cukur atau silet yang tajam untuk menghindari infeksi dikulit namun sebaiknya jenggot dibiarkan karena merupakan sunnah Rasul apalagi Tuhannya orang Kristen yaitu Yesus juga berjenggot.
  5. Jangan terlalu sering menyentuh kulit wajah dengan tangan Anda karena tangan mengandung banyak sekali kuman.
  6. Bersihkan wajah dengan menggunakan pembersih muka pada pagi hari, siang dan malam hari menjelang tidur untuk mengangkat sel kulit mati, kotoran dan minyak dari kulit wajah Anda.

Hal-hal Menjadikan Jerawat Lebih Buruk?
  1. Steroid anabolik bisa membuat jerawat lebih buruk, biasanya dipakai oleh para binaragawan.
  2. Pil kontrasepsi progestogen dapat membuat jerawat lebih buruk.
  3. Memencet jerawat karena dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut dan jaringan parut/flek hitam jerawat.
  4. Keringat berlebih dapat membuat jerawat lebih buruk karena hal tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit.
  5. Jauhi memakai pakaian dan celana ketat karena bintik dapat berkembang di bawah pakaian ketat seperti di bawah ikat kepala, tali bra yang ketat, kerah ketat, dan lain sebagainya.
  6. Menstruasi pada wanita atau perubahan hormonal bisa memicu terjadinya jerawat.
  7. Make-up yang berlebih atau terlalu tebal dan berminyak menjadikan jerawat lebih parah. Gunakan makeup non-comedogenic atau bebas minyak paling bermanfaat untuk jenis kulit berjerawat.
  8. Konsumsi obat-obatan tertentu dapat memicu timbulnya jerawat lebih parah seperti phenytoin (obat epilepsi), steroid dan salep yang digunakan untuk eksim. Jangan menghentikan obat yang diresepkan dokter jika Anda menduga membuat jerawat Anda lebih buruk, silakn untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Sebuah alternatif pengobatan secara tradisional mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda.
  9. Polusi dan kelembaban yang tinggi.
  10. Terlalu keras menggosok kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Dengan Cepat Secara Alami?
Pengobatan awal adalah cara terbaik untuk mencegah bekas luka. Dokter Anda mungkin menyarankan obat resep. Beberapa obat jerawat diletakkan tepat di atas kulit yang berjerawat atau berupa pil yang ditelan. Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli kulit atau dermatologists untuk mendapatkan saran terbaik.
Banyak sekali cara menghilangkan jerawat, ada yang menggunakan bahan kimia yang dianjurkan oleh kalangan medis seperti Retin A, Asam Salisilat, Asam azelaic, Benzoil peroksida, sulfur, dan dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Anda Membaca: Pengertian Jerawat Menurut Para Ahlinya

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!