Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih


Jerawat salah satu masalah kulit serius untuk mengatasinya dengan tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih serta bekasnya. sampai tuntas yang sangat ampuh -  Jerawat yang mampu mengganggu kepercayaan diri untuk tampil sempurna di depan lawan jenis, Banyak wanita menggunakan berbagai cara untuk terhindar sekaligus mengobati jerawat membandel yang timbul di daerah wajah, Salah satunya dengan cara tradisional, mudah dan murah yaitu dengan bawang putih. Jika rutin makan bawang putih, maka jerawat yang membandel akan hilang dan mencegah tumbulnya jerawat baru. Benarkah?
Jerawat salah satu permasalahan kulit yang sangat dihindari setiap orang, Baik pria maupun wanita sangat takut wajah halusnya dihinggapi jerawat yang membandel, Apalagi jika jerawat tersebut menimbulkan bekas dan menimbulkan noda hitam yang sulit hilang.

Jerawat sendiri dapat muncul karena banyak faktor. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat :
  • Stress
  • Keturunan
  • Asupan gizi yang buruk
  • Iritasi dan alergi terhadap polutan, seperti asap kendaraan
  • Alergi terhadap obat – obatan kulit
  • Alergi terhadap bahan makanan tertentu, biasanya adalah seafood.

Untuk menghadapi masalah jerawat ini, Anda tak perlu khawatir karena bawang putih mampu membantu menghilangkan dan menekan timbulnya jerawat pada wajah.

• Kandungan Bawang Putih.
Bawang putih termasuk jenis alliin memiliki rasa yang anyir dan sedikit hambar. Bawang putih mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama alliin. Ketika bawang putih dimemarkan atau dihaluskan, zat alliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan adanya dorongan enzim alinase, alliin terpecah menjadi alisin, ammonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang atau sulfur dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, karena ammonia mudah menguap.
Senyawa alisin berkhasiat untuk menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah. Tak hanya itu, senyawa lain yang berkhasiat sebagai obat yaitu alil dan paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degenerative dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.
Bawang putih memiliki kandungan sulfur yang cukup tinggi dan sering dimanfaatkan untuk menjadi salah satu bahan alami yang baik untuk kecantikan seperti menghilangkan jerawat. dr. Saptawati Bardosono SpGK, dokter spesialis gizi klinik membenarkan jika bawang putih mengandung sulfur dan memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan jerawat. Bawang putih juga mengandung mikro dan beberapa enzim. Dalam 100 gr bawang putih terkandung 30 mg kalsium, 310 mg fosfor, 1,3 mg iron, 13 mg vitamin C, 5 mg betakaroten, 0,596 mg asam pantotenat, 3 mg folat, 1,7 mg, zat beSi, 17 mg Sodium, 1,16 Seng, 6,39 g protein dan 0,5 g lemak.
Seperti yang telah diketahui sulfur memiliki kandungan paling banyak dalam bawang Sehingga mampu untuk membantu menghilangkan jerawat pada kulit wajah. Sulfur memang sudah dianggap ampuh untuk menghilangkan jerawat membandel dan juga mengandung kolagen sehingga bisa bermanfaat untuk mengencangkan wajah dan terhindar dari penuaan dini. Dalam bawang putih juga terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan merupakan antioksidan yang ampuh untuk memperbaiki serta membantu jaringan tubuh. Vitamin C memiliki sifat sebagai antibakteri yang mampu menyembuhkan infeksi dan mempercepat pertumbuhan luka. Jika jerawat timbul karena menumpuknya radikal bebas di dalam tubuh maka antioksidan di dalam vitamin C mampu menekan radikal bebas yang juga sangat baik untuk kecantikan kulit wajah Anda.

• Aturan konsumsi.
Bawang putih baik untuk dikonsumsi setiap hari. Di Indonesia hampir sebagian besar bumbu masak menggunakan bawang putih, karena aromanya yang bisa dijadikan penyedap masakan. Sedangkan untuk mengatasi masalah jerawat sendiri, meskipun sampai saat ini belum ada anjuran pasti seberapa banyak untuk mengonsumsi bawang putih. Namun, sama seperti mengonsumsi produk herbal atau suplemen tambahan lain bagi tubuh, jika mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan tidak akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh itu sendiri.

Jika mengonsumsi bawang putih berlebihan tentunya akan mengakibatkan gangguan pencernaan. Jumlah yang aman untuk mengonsumsi bawang putih mentah Serta memberikaanfaat bagi tubuh secara aman dan bisa di nikmati adalah sekitar 1-2 siung bawang putih per harinya. Atau jika Anda kurang suka dengan aroma bawang putih yang menyengat bisa memilih konsumsi bawang putih dalam bentuk kapsul atau bubuk dengan dosis 600-900 mg yang dibagi dalam 2-3 kali konsumsi. Sementara jika Anda menggunakan ekstrak bawang putih sebagai suplemen dianjurkan mengonsumsi sebanyak 3-7 gr per hari.
Menurut Valentina lndrajati, herbalis, untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya bawang putih tidak hanya dikonsumsi secara tunggal melainkan dicampurkan dengan berbagai macam ramuan bahan alami lainnya yang juga membantu memperbaiki permasalahan tubuh seperti ciplukan, mengkudu dan daun ungu. Bagi Anda yang kurang menyukai aroma menyengat pada bawang putih, Anda dapat menggunakan bubuk bawang putih yang bisa dibuat di rumah. Caranya dengan mengiris 1-2 bawang putih lalu dijemur di bawah terik matahari selama 2-3 hari lamanya. Setelah benar-benar kering, bawang putih bisa dihancurkan dengan cara diblender hingga halus dan dimasukkan ke dalam kapsul atau dicampurkan dalam masakan. Untuk hasil terbaik terutama jerawat batu, Anda dapat rutin menggunakannya setiap hari sampai kurang lebih tiga bulan. Sedangkan untuk jerawat ringan, dapat digunakan sampai 3-4 minggu.

• Efek Samping.
Efek samping yang paling utama dalam mengonsumsi bawang putih adalah aroma nafas yang menjadi tidak sedap terutama bila dikonsumsi mentah. Selain itu, biasanya akan timbul rasa mual dan muntah serta diare terutama bila Anda mengonsumsi bawang putih mentah. Meski penggunaan bawang putih dinyatakan aman, namun ada juga beberapa kasus yang mengatakan jika mengonsumsi bawang putih secara langsung akan memiliki rasa terbakar pada rongga mulut, kerongkongan dan lambung. Adanya reaksi alergi berupa keringat dan kelainan pada kulit seperti kemerahan dan eksim karena adanya pembekuan darah sehingga terjadi pendarahan. Namun, kejadian ini sangat jarang terjadi terutama bagi mereka yang berusia lanjut.

• Bagaimana menghilangkan jerawat?
Untuk menghilangkan jerawat sendiri ada banyak cara, antara lain :
  • Menggunakan obat – obatan tertentu
  • Rutin mencuci wajah dengan menggunakan sabun khusus wajah
  • Menggunakan masker dan perlindungan terhadap polutan
  • Mengkonsumsi bahan – bahan makanan alami 
Di Bawah ini informasi tentang cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih yang bisa anda lakukan di rumah :

5 Manfaat Masker Bawang Putih Untuk Wajah.

Beberapa sifat tersebut berupa anti-inflamasi (anti peradangan), anti-bakteri, anti-mikroba, anti-virus, anti-kuman dan juga antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. lihat pada rangkuman berikut :

1. Mengobati Jerawat Membandel Pada Wajah.
Hal ini sudah tertera pada judul yaitu bawang putih berkemampuan untuk menyembuhkan jerawat pada wajah. Didukung dengan anti-inflamasi, bahan ini sangat baik untuk mengurangi ruam yang terjadi pada kulit sehingga paling tidak bisa mengurangi peradangan. Jerawat pada wajah akan membuat wajah terlihat kotor dan kusam. Namun masalah tidak akan teratasi jika anda tidak melakukan usaha membersihkannya. Salah satu cara yang bisa anda gunakan ialah menerapkan masker bawang putih.

2. Membuat Kulit Wajah Lebih Lembut Dan Halus.
Seiring dengan bertambahnya usia dan juga karena pola hidup yang kurang sehat. Tentunya akan mempercepat proses munculnya tanda-tanda penuaan. Perubahan ini juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari, makanan yang kurang sehat, dan juga polusi udara yang terlalu kotor pada lingkungan sekitar. Tidak hanya akan mempercepat penuaan, namun juga kulit anda akan terasa kasar, mengelupas, bersisik yang pada dasarnya diakibatkan oleh kulit kering dan kekurangan nutrisi. Nah, masker bawang putih merupakan solusi yang sederhana yang bisa anda gunakan.

3. Mengangkat Dan Menghilangkan Komedo.
Komedo merupakan masalah umum dan sering dikategorikan dalam jenis blackhead dan whitehead. Kemunculannya sangat mengganggu penampilan dan menjadikan wajah seperti terdapat bintik kecil khususnya pada bagian hidung. Untuk mengangkat dan menghilangkan komedo ini, salah satu alternatif yang bisa anda terapkan ialah bawang putih sehingga wajah anda terhindar dari pembengkakan dan pori-pori wajah yang membesar.

4. Menyamarkan Bekas Luka Pada Wajah.
Jika anda mempunyai bekas luka yang terdapat pada wajah, mungkin bawang putih bisa membantu untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas luka tersebut. Cara penerapan yang bisa anda lakukan cukup dengan mengiris dan mengoleskan bawang putih pada area bekas luka. Lakukan secara rutin hinga masalah tersebut bisa hilang atau paling tidak sedikit tersamarkan.


5. Anti-Aging Alami Yang Ampuh.
Anda sudah banyak membaca tulisan ini pada setiap produk kecantikan yang menawarkan untuk mencegah tanda penuaan dan juga menyamarkan berbagai masalah terkait. Produk kecantikan tersebut biasanya berfungsi sebagai pencegah keriput dan menyamarkan garis halus namun dengan harga yang relatif mahal sehingga anda mungkin butuh merogoh kocek lebih dalam. Tapi apakah anda tahu bahwa masih ada alternatif yang harganya lebih murah serta hanya membutuhkan ketelatenan? Ya.. cukup dengan bawang putih wajah anda akan terlihat halus dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

9 Cara Mengobati Jerawat Dengan Bawang Putih.

Bagaimana cara mengobati jerawat dengan bawang putih? langkah-langkah penggunaan ialah :

1. Penggunaan Langsung (Iris dan tempel pada wajah).
Langkah ini memang sangat mudah dan bahkan bisa dibilang paling sederhana. Untuk mengobati jerawat, anda hanya perlu mengiris (memotong bawang putih menjadi tipis). Agar caranya bisa anda lakukan dan terapkan sendiri dirumah, berikut langkah-langkah yang bisa anda terapkan.
Siapkan bawang putih dan kupas kulit hingga tersisa dagingnya saja.
Iris tipis hingga menjadi beberapa bagian (usahakan setipis mungkin agar lebih hemat).
Tempel irisan tersebut pada wajah yang berjerat sembari digosokkan secara perlahan.
Selanjutnya diamkan beberapa menit (paling tidak 5 hingga 10 menit).
Bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin hingga wajah anda kembali kinclong.

2. Diolah Menjadi Masker.
Meskipun bisa diterapkan langsung dengan cara penempelan, namun bawang putih juga bisa anda aplikasikan dengan cara diolah terlebih dahulu menjadi masker. Tidak butuh langkah yang rumit, anda hanya perlu menghaluskan dan langsung menerapkan pada wajah secara merata. Agar hasil lebih optimal, baik digunakan sebelum tidur sehingga penyerapan nutrisi bisa sempurna dan kulit menjadi lebih cepat halus. Berikut langkah selengkapnya!
Sediakan paling tidak 2 hingga 4 siung bawang putih yang sudah dikupas.
Haluskan dengan cara diblender dan diberi sedikit air agar adonan lebih mudah mengental.
Oleskan pada bagian wajah secara merata dan tipis saja (sebisa mungkin hindari bagian terdekat dengan mata karena efeknya lumayan panas)
Diamkan sekitar 15 hingga 30 menit sebelum anda bilas dengan air besih (hal ini bertujuan agar kandungan air bisa meresap dengan maksimal pada kulit).
Lakukan secara rutin hingga wajah anda bersih dari jerawat

3. Bawang putih dan lidah buaya.
Selain untuk penyubur rambut, kini lidah buaya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit loh. Dengan cara campurkan kedua bahan ini secara bersamaan, oleskanlah pada bagian yang berjerawat selama semalaman. Bisa dipastikan jerawat kamu akan kering besoknya.
4. Campuran Bawang Putih Dengan Asam Cuka.
Asam cuka mempunyai kandungan anti-bakteri yang cukup baik untuk wajah. Namun penggunaannya tidak bisa terlalu sering karena bisa saja akan membuat wajah anda kering dan masih banyak lagi dampak lain. Nah, jika dipadukan dengan bawang putih, kedua bahan ini akan sangat ampuh untuk membersihkan jerawat pada wajah. Bagaimana cara membuat dan menggunakan? Berikut langkah-langkahnya!
Siapkan 2 hingga 3 siung bawang putih kemudian diberi campuran 1sdt asam cuka.
Aduk keduanya hingga tercampur rata sehingga adonan kalis membentuk gel (pasta).
Oleskan pada kulit wajah degan perlahan dan hindari bagian yang dekat dengan mata.
Diamkan sejenak antara 10 hingga 15 menit (sampai masker benar-benar meresap).
Bilas dengan air hingga bersih
Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin hingga jerawat bisa dipastikan sembuh.

5. Mencampur Bawang Putih Dengan Jeruk Nipis Dan Minyak Zaitun.
Jeruk nipis mempunyai kemampuan untuk membersihkan, mencerahkan dan minyak zaitun menjaga kelembapan wajah. Jika ketiganya dipadukan, maka akan tercipta suatu ramuan yang manfaatnya akan membantu dalam mengobati jerawat pada wajah serta mengembalikan nutrisi yang hilang akibat kulit kering ataupun karena radikal bebas. Untuk pembuatan dan penerapan, berikut langkah selengkapnya!
Siapkan 2 hingga 3 siung bawang putih kemudian dihaluskan.
Campur dengan 1sdt air perasan jeruk nipis serta 1/2 sdt minyak zaitun.
Aduk ketiga bahan hingga kalis dan membentuk pasta (gel kental).
Oleskan pada wajah secara merata, perlahan dan lakukan pemijatan lembut.
Diamkan sampai mengering dan meresap paling tidak 10 hingga 20 menit.
Bilas dengan air hingga wajah benar-benar bersih.
Lakukan secara teratur setiap hari agar wajah anda bebas dari jerawat.

6. Memadukan Bawang Putih Dengan Madu Dan Yogurt.
Madu mempunyai manfaat untuk melembabkan, Yogurt untuk memutihkan kulit dan bawang putih untuk mengurangi pembengkakan yang disebabkan jerawat. Campuran ketiga bahan ini akan memaksimalkan penyerapan nutrisi yang terjadi pada kulit. Untuk lebih singkatnya, berikut langkah-langkah yang bisa anda ikuti!
Kupas dan haluskan 3 hingga 4 siung bawang putih dengan cara di blender.
Tambah 2sdt madu dan 2sdt yogurt pada bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut.
Aduk bahan hingga ketiganya tercampur rata dan membentuk gel.
Terapkan bahan pada wajah sampai meresap atau paling tidak selama kurang lebih 30 menit.
Bilas dengan air dan lakukan secara rutin treatmen ini sampai wajah bersih dari jerawat.

7. Campuran Bawang Putih Dan Putih Telur.
Putih telur sangat cocok untuk mengembalikan kekencangan kulit sehingga terhindar dari tanda penuaan dan juga masalah terkait dengan jerawat. Paduan bawang putih dan putih telur akan menghasilkan bahan yang cocok untuk merawat wajah secara optimal. Cara membuat juga sangat sederhana dan dengan waktu cepat akan membuat wajah anda menjadi bersih dari jerawat. Berikut langkah-langkahnya!
Sediakan 2 hingga 3 siung bawang putih yang sudah dikupas beserta putih telur yang sudah dipisahkan dengan kuningnya.
Haluskan bawang putih kemudian campur dengan putih telur hingga keduanya menyatu dan membentuk gel.
Aplikasikan pada wajah secara merata dan didiamkan sekitar 30 menit atau hingga benar-benar meresap.
Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk halus.
Lakukan secara rutin dan teratur agar wajah anda tetap cantik dan awet muda.

8. Bawang putih dan madu.
Bila kamu memiliki masalah jerawat membandel dan semua produk yang kamu gunakan belum mempan juga, gak ada salahnya kamu mencobanya dengan bawang putih. Caranya, tumbuk bawang putih sampai halus, lalu tambahkan madu, aduk, dan oleskan pada jerawat selama semalaman.

9. Bawang putih dan perasan jeruk nipis.
Mungkin campuran ini akan terasa perih untuk jerawat, tetapi rasa perih itu merupakan reaksi awal untuk meredakan jerawat kamu yang meradang, tak ada salahnya kamu mencoba dengan cara mengiris tipi bawang putih, lalu peraskan jeruk nipis, dan tempelkan pada jerawat dan tunggu hingga kering.

Kesimpulan.
Itulah artikel dari cara menghilangkan jerawat super cepat yang bisa menjadi rujukan untuk mengobati jerawat dengan alami

Anda Membaca: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

1 Share 1 Kebaikan, Silahkan Bagikan..!!!